Home » , , , , , » Ketika Seruling Mas Halalbihalal Reuni sambil "Ngapak-ngapak"

Ketika Seruling Mas Halalbihalal Reuni sambil "Ngapak-ngapak"

Written By Darmanto on Jumat, 12 September 2014 | 20.05

 Ketika Seruling Mas Halalbihalal Reuni sambil "Ngapak-ngapak"
Guyub, Ngapak-ngapak, mangan sroto, mendoan, dan es dawet. Itulah yang tampak di Gedung Pewayangan Kautaman Taman Mini Indonesia Indah, saat sekitar 1.000 anggota Seruan Eling Banyumas (biasa disingkat dengan Seruling Mas) mengadakan halalbihalal, Minggu (20/11). Sepanjang acara, suasana ruangan berubah menjadi ajang reuni yang akrab dan hangat. Bahasa 'persatuan' saat itu adalah bahasa Jawa dengan logat Banyumas, yang lebih dikenal dengan bahasa ngapak-ngapak.

Tidak hanya warga Banyumas di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Depok yang hadir. Bandung dan yang lebih jauh lagi, yaitu Lampung, juga mengirimkan wakilnya. Keanggotaan paguyuban itu sangat longgar dan terbuka.
Menurut Ketua Paguyuban Seruling Mas Kuntoro Mangkusubroto, paguyuban ini bersifat kekeluargaan. ''Karena keanggotaannya bebas, semua orang yang ingin bergabung kami terima dengan senang hati. Tidak ada nomor anggota dan sangat terbuka,'' kata mantan menteri pertambangan yang kini menjadi Ketua Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Aceh itu.

Sebagai sebuah paguyuban, kata dia, Seruling Mas banyak kegiatan sosial dan ingin membantu mereka yang kekurangan. Di antaranya adalah membantu yatim-piatu, dengan memberikan beasiswa dan mengirim mereka yang berprestasi untuk belajar ke luar negeri.
Anggota Seruling Mas terdiri atas berbagai latar belakang. Ini tampak dari kehadiran Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR Slamet Effendi Yusuf, Wakil Bupati Banyumas Imam Durori, Amoroso Katamsi (bintang film yang sering memerankan sosok Pak Harto), Pangki Soewito, dan Yuni Sulistyowati (pemain sinetron), Yongky (finalis AFI 2005), Rizal (finalis KDI 2), hingga Suyatno yang di Jakarta bekerja sebagai kuli bangunan.

Suyatno (32) yang kali itu datang bersama istri dan seorang anaknya, mengakui saat seperti ini selalu ditunggunya. ''Inyong wis ping telu teka neng acara Seruling Mas kiye. Inyong seneng, Sebabe bisa ketemu karo sedulur adoh, sing biasane mung keton neng TV. Apa maning panganan sing disediakna, biasane langka neng Jakarta. Lumayan, nggo tamba kangen,'' ujar pria yang pada Idul Fitri lalu tidak mudik ke desanya di Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, itu.

Begitu tinggi animo warga Banyumas dalam menghadiri acara ini, juga mendapat apresiasi dari Wakil Bupati Banyumas Imam Durori yang hadir dalam acara itu. Dia berharap, Seruling Mas benar-benar bisa menjadi wadah untuk perkumpulan warga Banyumas di Jakarta dan sekitarnya.
''Yang paling utama adalah warga Banyumas di perantauan harus selalu ingat asal-usulnya. Ketika menjadi tokoh, pengusaha, pejabat, artis, dan sebagainya, mereka bisa mengembalikan sebagian kesuksesannya kepada warga Banyumas lain,'' katanya.

Lebih lanjut Imam mengatakan, jika dalam masa perantauannya tetap ingat asal-usulnya dan ingat bahwa masih ada kawan atau saudaranya di kampung yang masih kekurangan, maka sifat adigang, adigung, dan adiguna tidak akan dimiliki oleh warga Banyumas.
''Memang ada kontribusi kepada Banyumas. Namun sesungguhnya Banyumas masih membutuhkan lebih banyak lagi bantuan dari kawan-kawan yang sudah sukses di Jakarta. Apalagi masih banyak potensi yang belum dikembangkan di Banyumas,'' jelasnya.

Acara yang sudah meriah menjadi makin meriah, karena Rizal KDI mengajak hadirin berdangdut. Finalis KDI dari Sokaraja itu menyanyikan dua lagu, yaitu ''Darah Muda'' dan ''Malam Terakhir''.
''Pesta'' warga Banyumas di Jakarta kemarin ditutup dengan pengundian door prize, yang berhadiah dua TV. Selain senyum panitia yang terus mengembang, kelegaan juga terpancar dari penjaja sroto Sokaraja, es dawet, mendoan, dan aneka penganan khas Banyumas lain. Siang itu, dagangan mereka ludes diserbu pengunjung, yang juga wong penginyongan, yang mencintai makanan yang nylekamit.
Sumber:  http://suaramerdeka.com/harian/0511/21/nas19.htm
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. SERULING MAS - All Rights Reserved
SM